Selamat Datang di Tabung Informasi

Tips ketika duduk lama di depan komputer

0 komentar

Ketika memiliki deadline, keasyikan browsing, main game, atau jika memang pekerjaan anda menuntut untuk berlama-lama di depan komputer kadang-kadang membuat anda menjadi lupa waktu. Tanpa disadari anda telah terlalu fokus terhadap layar monitor, efeknya, mata lelah, permasalahan terhadap postur tubuh, serta berdampak juga pada kesehatan tubuh secara keseluruhan.
Untuk mengantisipasi semua hal yang tidak diinginkan tersebut, seorang pakar kesehatan Dr.Helen Lee memberikan tips duduk lama di depan komputer. Karena secara tidak langsung ataupun tanpa disadari, terkadang kita seringkali menyepelekan hal-hal kecil ketika duduk berlama-lama di depan komputer yang ternyata memiliki efek negatif terhadap kesehatan. Berikut sedikit tips agar nyaman duduk lama di depan komputer :

> Meletakkan bantal kecil
Seorang pakar kesehatan menyarankan untuk meletakkan sebuah bantal kecil di bagian belakang punggung bawah anda. Ini bertujuan untuk menyangga bagian belakang punggung yang tanpa sengaja seringkali posisinya berubah menjadi membungkuk, serta membuat bagian di sekitar pinggang serta bokong anda nyaman dan beristirahat.

> Duduklah senyaman mungkin
Memiliki kursi sebaik apapun, namun jika posisi duduk anda salah maka hal tersebut tidak akan memperbaiki postur tubuh anda. Berikut cara duduk yang tepat :
- Kedua kaki di letakkan lurus di lantai dengan lutut sedikit lebih tinggi daripada pinggul atau bangku.
- Siku nyaman di samping atau diletakkan di sandaran kursi dan bahu tetap berada pasa posisi lurus dan rileks.
- Posisi kepada memandang lurus ke depan.
- Fokus kepada pernafasan perut untuk meningkatkan kadar oksigen ke dalam tubuh, karena dengan pernafasan perut membuat kondisi tubuh lebih santai.

> Banyak minum air putih
Dehidrasi justru membuat anda cepat lelah sehingga cara duduk cenderung merosot saat anda kekurangan air di dalam tubuh.

> Bergerak
Hindarilah duduk seharian di kursi. Cobalah untuk mengusahakan bergerak secara teratur dengan bangun maksimal dalam durasi 30 menit sekali yang bertujuan untuk meregangkan otot anda. Atau anda juga bisa berjalan-jalan kecil untuk meningkatkan energi anda yang telah terkuras ketika lama di depan komputer.

***Semoga Tips ini Bermanfaat***
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Cara Gampang | Creating Website | Johny Template | Mas Templatea | Pusat Promosi
Copyright © 2011. Tutorial dan Informasi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger