Selamat Datang di Tabung Informasi

Membuat PDF Viewer di Blog

0 komentar

Seringkali kita perlu menyertakan suatu dokumen ke dalam posting di blog. Fitur yang selama ini ada biasanya hanya memungkinkan kita untuk memposting dalam bentuk link (untuk blog WordPress), dengan cara file (PDF, DOC, PPT) diunggah menggunakan menu upload. Artinya, dokumen baru akan terbuka jika link tersebut diklik. Lalu bagaimana jika kita menginginkan agar file dokumen tersebut tampil juga di posting (embedded)?
Kita dapat menggunakan beberapa alternatif. Pertama, kita menggunakan fasilitas dari layanan document sharing semisal Scribd. File yang akan ditampilkan kita upload dulu ke Scribd, lalu kita ambil kode embedded HTML-nya dari situs tersebut dan disalin ke blog.
Setelah dapat link HTML,kamu tinggal pasang Link tersebut ke blog kamu.

Begini hasil dari HTML tersebut diatas.
 Selain cara di atas, kita juga dapat menampilkan dokumen yang ada di internet (bisa di situs manapun termasuk di situs kita sendiri) dengan memanfaatkan Google Docs Viewer. Caranya, masuk ke alamat http://docs.google.com/viewer, pada textbox Document URL masukkan link lengkap dari dokumen yang dimaksud (mendukung PDF, PPT dan TIFF). Setelah itu klik Generate Link, maka akan tampil kode HTML yang dapat kita salin ke posting. Ingat, kode HTML ini harus disalin ke post editor dalam mode HTML.
Selamat mencoba
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Cara Gampang | Creating Website | Johny Template | Mas Templatea | Pusat Promosi
Copyright © 2011. Tutorial dan Informasi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger