Selamat Datang di Tabung Informasi

Cara Memperbaiki Master boot record

0 komentar

Master boot record yang rusak bisa menimbulkan berbagai macam dampak pada saat windows 7 startup/loading. Masalah yang paling sering timbul adalah macet pada saat loading, restart secara terus menerus hingga hang pada saat loading. Kejadian seperti itu tentu saja sangat menjengkelkan, apalagi jika pekerjaan sedang menumpuk. Sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah master boot record (MBR) ini, salah satunya adalah dengan menginstall ulang windows 7, tetapi langkah tersebut tidak efektif, karena akan memakan waktu yang cukup lama. Salah satu alternative paling jitu adalah dengan merepair atau memperbaik MBR atau master boot record, sebuah bagian dari harddisk yang berperan menyimpan informasi untuk keperluan booting atau loading.
Untuk melakukan repair master boot record (MBR) diperlukan DVD master windows 7 dan beberapa langkah kecil. Berikut urutan dalam memperbaiki master boot record:
Booting menggunakan DVD Installer Windows 7
  1. Masukkan DVD installer windows 7 ke dalam DVD Rom.
  2. Rubah setting BIOS agar pertama kali booting melalui DVD Rom. Atau anda juga bisa menggunakan menu booting dan memilih DVD Rom pada saat notebook/PC pertama kali dinyalakan.
  3. Nyalakan PC/notebook.
  4. Setelah proses booting berjalan, klik Repair your computer.
  5. System pada DVD installer wndows 7 akan mencari di drive mana windows 7 di install. Jika sudah ditemukan, lanjutkan dengan klik tombol Next.
  6. Setelah itu, pada jendela System Recovery Options ada bisa memilih mana yang akan anda gunakan. Untuk kali, karena kita akan memperbaiki boot loader windows 7 pilih Command Prompt.
Memperbaiki Master Boot Record (MBR)
Jika ingin memperbaiki master boot record, anda bisa melakukannya dengan perintah sederhana di bwah ini.
bootrec /fixmbr
Jika ingin mengetahui lebih jauh perintah apa saja yang bisa dilakukan dengan perintah bootrec, gunakan perintah bootrec /? pada command prompt.
Setelah selesai memperbaiki Master Boot Record, tutup jendela command promt dan restart desktop PC atau notebook anda.
Jika masih mengalami masalah dengan boot loader windows 7, anda mungkin harus mengkonsultasikan masalah tersebut dengan teknisi komputer yang berpengalaman.
Selamat mencoba dan tetaplah berhati-hati saat menggunakan System Recovery Windows 7 pada perangkat komputer yang anda miliki!
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Cara Gampang | Creating Website | Johny Template | Mas Templatea | Pusat Promosi
Copyright © 2011. Tutorial dan Informasi - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger